Translate Article

Tuhan Mencintai Proses

Bookmark and Share
Sukses Ada Di Tangan Anda...Jeprettt !!!

SIM SALABIM, ABRA KADABRAK !!!
Dalam adegan sulap sesuatu yang kita inginkan terjadi bisa dilakukan. Cepat tanpa menunggu waktu yang lama. Itulah sulap. Namun dunia nyata bukanlah sulap, semua berawal dari yang kecil, berawal dari titik nol.

Tuhan menciptakan bumi juga melalui tahapan-tahapan, dan dalam kurun waktu yang cukup lama barulah kemudian manusia diizinkan untuk menghuni planet yang paling subur ini. Semua "perangkat hidup" pun sudah disediakan secara gratis dari Tuhan Yang Maha Pemurah, yang sebenarnya semua perangkat hidup tersebut sudah lebih dari cukup jika hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Laut yang luas dan air yang melimpah adalah anugerah terindah yang dihadiahkan Tuhan untuk para ciptaan-Nya.

Namun sebaliknya, apa yang telah dianugrahkan Tuhan akan selalu terasa kurang seandainya manusia hanya menuruti gaya hidup yang dewasa ini semakin menjauhkan manusia dari kata rukun atau harmonis. Persaingan tidak sehat terjadi dimana-mana, keserakahan menjadi aktor utama semrawutnya tatanan hidup manusia. Manusia sudah melewati fase dimana dirinya tidak peduli lagi dengan batas antara yang halal dan yang haram.

Kadang kala kita slalu frustasi ketika angan-angan, harapan, keinginan tidak terwujud segera dan saat ini juga. Yah....manusia modern cenderung ingin serba instan dan cepat, tidak mau lelah, dan cenderung merasa bosan dengan rutinitas yang memaksa kita untuk berjibaku dengan keletihan demi keletihan. Ini adalah penyakit hati yang timbul karena ia lupa akan statusnya sebagai khalifah di muka bumi ini.

Sejatinya Tuhan sangat mencintai proses. Yah...semua yang kita inginkan harus melewati proses. Lama atau cepat itu tergantung usaha dan kemauan kita. Jangan sampai kita terjebak dengan pemikiran bahwa sesuatu yang dilakoni secara instan akan membuahkan kebahagiaan dan kesuksesan yang luar biasa. Justru dengan menikmati alias mensyukuri setiap tahap demi tahap, setiap masalah demi masalah, maka kelak kemudian hari kita akan menikmati hasil jerih payah kita yang dilalui dengan cara yang halal dengan penuh rasa suka cita. Dan kita tentu akan dijadikan panutan oleh anggota keluarga lainnya.

Agar kita bisa menikmati alias enjoy dengan setiap proses dalam menjalani kehidupan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  1. Belajar Sabar, sabar tidak sama artinya dengan kata menunggu. Sabar justru lebih tertuju pada kemampuan diri untuk mengendalikan emosi, menahan diri untuk tidak melakukan perbuatan atau aktivitas yang merugikan. Contoh penerapan sabar adalah saat kita ingin membeli suatu barang, produk tertentu yang secara fisik terlihat menggiurkan. Orang yang sabar adalah orang yang mau menahan diri membeli barang yang tidak dibutuhkan. Ia sadar bahwa membeli barang hanya untuk memenuhi keinginan adalah tindakan ceroboh yang berakibat panjang di masa depan.
  2. Paksa Diri Untuk Disiplin, disiplin disini berarti mentaati setiap keputusan yang diambil pada masa lalu, yang masih dilakoni sampai saat ini. Jika Anda memutuskan untuk bekerja sebagai karyawan suatu perusahaan pada masa lalu dan masih dijalani sampai saat ini, maka segala aktivitas sehari-hari diluar jam kerja Anda harus disesuaikan dengan jadwal kerja Anda. Waktunya kerja ya kerja, dan waktu istirahat gunakan untuk istirahat.
  3. Fokus Pada Tujuan, dengan fokus pada tujuan setiap insan yang ingin sukses dan bahagia akan menjauhi pemenuhan keinginan-keinginan sesaat yang hanya akan menghambur-hamburkan waktu, tenaga, dan harta yang sedang dikumpulkan untuk beberapa hal penting yang bisa melahirkan kesenangan jangka panjang. Jika kita ingin memiliki kendaraan yang lebih nyaman misalnya, menahan diri untuk tidak menghabiskan uang pada barang tertentu selama beberapa bulan adalah hal bijak yang bisa dilakukan. Anda pun sadar bahwa lebih baik fokus pada sesuatu yang memberikan kebahagiaan jangka panjang, ketimbang menuruti nafsu sesaat yang menjebak dan hanya mampu memberikan rasa senang sementara waktu saja.
  4. Tidur Yang Cukup, buatlah diri kita merasa nyaman saat hendak tidur. Ada banyak cara agar kita bisa melewati masa tidur yang menyegarkan. Meditasi dan melakukan senam pernafasan dapat membantu kita untuk rileks dan menyiapkan tubuh untuk melakukan perbaikan sel-sel yang rusak dan mengembalikan kekuatan organ-organ tubuh yang lelah karena aktivitas selama sehari.
  5. Dengarkan Musik. Mendengarkan musik kesayangan dapat mengurangi ketegangan dan stres akibat hal-hal kecil yang mungkin telah membuat kita merasa galau, marah, menyesal atas perilaku diri yang terjerumus dalam lubang kegagalan-kegagalan kecil itu. Ada pepatah yang mengatakan bahwa musik dapat mengubah suasana hati manusia. Musik bisa menjadi sahabat yang mengerti perasaan manusia. Bagi Anda yang beragama Islam, Anda dapat mengganti musik dengan mendengarkan lantutan ayat-ayat suci Al-Quran. Ada penelitian yang membuktikan bahwa buah-buahan dan sayuran yang berdekatan dengan suara pembaca ayat suci Al-Quran, menjadi awet dan segar dalam waktu yang lebih lama. Hemm...bisa Anda bayangkan yang akan terjadi pada hati manusia? Semakin fresh tentunya. 
  6. Selalu Berdoa, berdoa merupakan cara yang ampuh untuk membantu manusia dalam menghadapi problem hidup yang kadang datang tak diantar dan pulang tak dijemput (:D). Doa akan memperingan langkah kita dalam melewati proses kehidupan yang kadang berliku-liku.
  7. Tersenyum dan Bersyukurlah. Ini adalah pesan yang selalu disampaikan para pembicara dan motivator sukses di seluruh dunia. Dengan senyuman dan ungkapan rasa syukur lewat hati, pikiran, maupun perbuatan, aktivitas yang tadinya terasa berat akan menjadi ringan. Prinsipnya adalah buat diri Anda happy, bukan keadaan yang mengendalikan Anda.

Semoga kita senantiasa menjalani setiap proses dengan penuh suka cita dan selalu optimis. Yakinlah bahwa setiap orang yang menanam bibit kebaikan, maka dia akan menuai buah kebaikan pula. Karena Tuhan pun sangat mencintai "proses".


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Kotak_Pesan_Dunia