Translate Article

Sambel Tempe Buatan Simbah

Bookmark and Share
Simbah Sulinah adalah ibu dari ayahku. Beliau adalah seorang wanita yang jarang sekali marah dan selalu tersenyum. Dulu sewaktu beliau masih hidup, simbah adalah orang yang paling ramai saat kami sekeluarga tengah nonton televisi bersama sehabis makan siang ataupun malam.

Makanan lezat yang paling aku sukai yang dibuat oleh simbah adalah sambel tempe. Yah...sambel tempe buatan simbahku ini memang paling lezat diantara sambel tempe buatan orang lain termasuk ibuku sendiri. Aku dan adik-adikku sering menitipkan bahan mentahnya berupa tempe dan bumbu untuk dimasak oleh simbah. Ya nanti hasilnya dibagi dua.

Alat memasak yang digunakan simbah adalah pawon yang berbahan bakar kayu dan sisa-sisa gergaji pohon kelapa atau bangunan rumah. Walaupun simbah bukan koki di restauran bintang lima, tapi aku yakin tidak ada koki restauran manapun yang mampu membuat sambel seperti buatan simbah. Entah ilmu apa yang dimiliki simbah sehingga masakan apapun terasa lezat dan nikmat.

Kini, semenjak simbah telah tiada, aku tak bisa lagi menikmati sambel tempe yang rasanya super enak. Aku memang bisa membuat sendiri, tapi ya rasanya biasa-biasa saja. Yah...simbah memang luar biasa...semoga engkau tenang di alam sana, Amin.



{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Dunia Impian mengatakan...

Selamat siang....

Kotak_Pesan_Dunia