Translate Article

Banjir Uang Dari Bisnis Makanan

Bookmark and Share

Banjir uang dari bisnis makanan, hemm...siapakah orang yang mampu menolak keinginan seperti ini? Siapakah juga yang tak mau mendapatkan uang halal dengan menjual komoditas yang menjadi kebutuhan hidup sehari-hari ini? Bisa kita bayangkan bagaimana perasaan kita dan keluarga ketika dagangan makanan yang kita suguhkan, laris manis dan selalu ramai dikunjungi pelanggan.

Makanan merupakan kebutuhan hidup manusia yang harus dipenuhi, karena makanan menjadi sumber pasokan energi bagi manusia agar bisa menjalankan aktivitas dengan penuh semangat alias tidak mudah lemas atau loyo. Ini berarti, bisnis makanan memiliki potensi yang sangat besar untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.

Namun, tidak semua orang yang menjadi pelaku bisnis makanan memperoleh kesuksesan. Ada juga yang gulung tikar, ada yang bertahan meskipun keuntungan yang didapatkan sangat kecil, dan ada juga yang berpaling ke bisnis lainnya yang menurut perhitungan mereka menguntungkan.

Banyak faktor menjadi penyebab gagalnya seseorang menjalankan bisnis makanan. Oleh karena itu seseorang yang akan terjun ke dalam bisnis makanan ini hendaknya selalu belajar dari pelaku bisnis yang sama dan memperhatikan beberapa hal. Apabila ini dilakukan niscaya akan menjauhkan pelaku bisnis dari kegagalan.

Pertama, kita harus memastikan bahwa citarasa yang ada pada makanan yang kita jual harus sama dan stabil dari hari ke hari. Dengan citarasa yang sesuai standar seperti ini konsumen akan ketagihan dan tak merasa rugi membeli makanan kita. Perubahan sekecil apapun akan dianggap buruk oleh konsumen. Triknya adalah kita harus menyimpan beberapa catatan tentang resep makanan yang pas dilidah dan sudah diuji coba sampelnya kepada konsumen. Sampel ini biasanya diberikan dalam bentuk bonus atau potongan harga pada awal-awal lauching bisnis yang kita jalankan.

Kedua, kita wajib memastikan tersedianya bahan baku berkualitas agar ketika terjadi lonjakan pembeli kita tidak kerepotan dan kewalahan. Semakin dekat lokasi pembelian bahan baku dengan tempat usaha kita, semakin efisienlah kita dalam menjalankan bisnis ini. Dan kita juga tidak akan mengalami kerugian yang diakibatkan oleh biaya transportasi pembelian bahan baku makanan.

Ketiga, kita sendirilah yang memegang rahasia bumbu dapur dari makanan yang kita jual. Dalam hal ini pemilik bisnis makanan ini wajib memiliki keahlian memasak atau mengolah makanan. Dengan cara ini kita tidak akan khawatir ditinggal kabur sang koki atau juru masak, yang seringkali terjadi saat bisnis makanan milik kita sedang tumbuh pesat.

Keempat, pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen. Waktu untuk mulai berjualan juga mesti dipertimbangkan. Apabila dagangan kita akan dijual pada siang hari, maka lokasi yang dekat dengan pabrik atau pusat perkantoran adalah lokasi yang paling strategis. Sebaliknya, apabila dagangan yang akan dijual pada waktu malam hari, maka lokasi yang strategis adalah yang paling dekat dengan perumahan padat penduduk. Ini karena pada waktu malam hari konsumen kita sudah berada di rumah atau sedang dalam perjalanan menuju ke rumah. Istilah yang tepat untuk tips ini adalah menjemput bola dari aspek waktu.

Kelima, berilah pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan atau konsumen bisnis makanan kita. Kalau dalam hati dan pikiran kita menganut prinsip konsumen adalah sesuatu yang sangat penting dan merupakan aset berharga dalam bisnis ini, maka kita tinggal tersenyum sumringah saat menghitung laba atau keuntungan yang diperoleh. Kita usahakan juga agar bisa melayani konsumen dengan cekatan, ramah, dan sopan. Senyuman manis kita yang tulus merupakan magnet terbesar dalam meraih kesuksesan.

Nah...bagi Anda yang ingin menjalankan atau membuka bisnis makanan, mudah-mudahan saran-saran tersebut dapat membantu mendongkrak keberhasilan yang langgeng dan bermanfaat dalam mensejahterakan keluarga bahkan tetangga di sekitar rumah. Saya pun akan turut senang ketika mendengar Anda mengalami banjir uang dari bisnis makanan. Semoga Tuhan Yang Maha Rahman senantiasa melancarkan rizki kita baik dalam bentuk fisik seperti uang, maupun nonfisik seperti kesehatan dan keharmonisan rumah tangga. Aamiin.



{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

cahyo jm mengatakan...

Alhamdulillah seberapapun rizki yg kita dapat, kita wajib mensyukuri :)

Kotak_Pesan_Dunia