Translate Article

3 Hal Penting Dalam Kehidupan Manusia

Bookmark and Share
Tiga hal penting dalam kehidupan
(Three Fingers, Gambar : 123rf.com)


Ada 3 hal penting dalam kehidupan manusia yang akan mempengaruhi perjalanan hidup manusia di dunia dan alam sesudahnya. Jika manusia memperhatikan dan menjaga ketiga hal tersebut dengan baik, niscaya segala tindakan, langkah, atau keputusan yang diambil oleh manusia akan memberikan rasa damai dan bahagia. Ketika manusia selalu peduli dengan ketiga hal tersebut berarti manusia telah menjaga keseimbangan hidupnya dan telah menjaga pula keseimbangan alam semesta. Ketiga hal tersebut adalah iman, kesehatan, dan ilmu + amal. Mari kita telusuri pentingnya ketiga hal tersebut:

Iman. Iman ini adalah kepercayaan seseorang akan sesuatu yang telah menciptakan dirinya dan lahir sebagai manusia di muka bumi. Iman berarti pula keyakinan yang kuat yang dimiliki seorang individu atas suatu hukum baik yang tersurat maupun yang tersirat, apakah itu tertulis atau tidak tertulis. Iman ini menjadi pedoman awal bagi manusia untuk melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan. Dengan iman yang benar manusia akan selalu mendapatkan petunjuk alias ide-ide cemerlang untuk membangun peradaban yang cerah dan gemilang dan bisa dirasakan sampai anak cucu nanti.

Kesehatan. Kesehatan itu ibarat mutiara yang berkilauan yang menjadi pusat perhatian dan keinginan. Kesehatan menjadi topik abadi dalam kehidupan manusia. Manusia senantiasa menginginkan selama hidupnya mengalami lebih banyak sehat daripada sakit. Karena dalam kondisi jasmani dan rohani yang sehat, segala macam karunia yang telah dianugerahkan Tuhan kepada manusia bisa dinikmati dengan baik dan menorehkan sejarah yang manis tentang dirinya. Karena itu, kesehatan kadang kala tidak dapat ditukar dengan uang, tetapi kesehatan harus dipupuk dari waktu ke waktu, bukan melalui jalan pintas.

Ilmu + Amal. Amal adalah segenap aktivitas manusia yang bisa memberikan manfaat positif baik bagi dirinya maupun orang lain. Amal ini berawal dari rasa kasih sayang dan peduli terhadap sesama. Dengan perasaan kasih sayang dan peduli, manusia melakukan banyak hal mulia yang terbukti menyelamatkan peradaban manusia dari kehancuran. Amal adalah pondasi peradaban. Tanpa disertai aktivitas mulia ini hidup manusia akan menjadi gersang dan jauh dari nuansa keindahan, serta bisa terjadi kemunduran atau kehancuran. Mencari ilmu dengan giat dan bergairah merupakan salah satu contoh perbuatan yang mendukung kualitas amal. Amal tanpa disertai ilmu maka ia akan menjadi salah jalan. Dan ilmu tanpa disertai amal adalah hal yang sia-sia. Oleh karena itu, dengan alasan seperti itulah saya menggabungkan Ilmu dan Amal menjadi satu bagian.

3 hal penting dalam kehidupan manusia tersebut harus menjadi prioritas pikiran manusia apabila menginginkan kehidupan yang bahagia, indah, dan bermartabat. Keyakinan harus kuat, kesehatan harus prima, dan ilmu yang berwujud amal dilaksanakan tanpa kenal lelah. Dengan begitu tak ada lagi alasan bagi manusia untuk tidak bahagia. Ingatlah 3 hal penting dalam kehidupan manusia ini agar hidup kita sebagai manusia tidak sia-sia.


{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Wahab Saputra mengatakan...

3 hal tersebut memang penting agar hidup kita seimbang

oh andrian mengatakan...

selalu bersyukur :)

Kotak_Pesan_Dunia