Translate Article

Menghindari Kebakaran Dengan Instalasi Listrik Yang Baik

Bookmark and Share

Listrik merupakan kebutuhan wajib manusia dimasa sekarang. Listrik digunakan untuk penerangan, menyalakan peralatan elektronik, menyalakan mesin pompa air, dan lain sebagainya. Dengan tersedianya pasokan listrik yang cukup akan memberikan rasa nyaman dalam beraktivitas dan bekerja.

Pemasangan instalasi listrik yang buruk di rumah kita akan berbahaya bagi keselamatan anggota keluarga. Yang sering menyebabkan kebakaran adalah korsleting listrik karena kelalaian pengguna dan karena instalasi yang tidak sesuai prosedur. Karena itu beberapa hal berikut ini harus diperhatikan terutama saat sebuah rumah atau bangunan akan dipasang instalasi listrik baru.

Pertama, percayakan pekerjaan instalasi listrik kepada ahlinya. Meskipun harga instalasi listrik dari ahlinya ini lebih mahal, ini adalah hal yang masuk akal mengingat listrik merupakan energi dengan daya yang besar yang jika salah dalam pemasangan akan berakibat fatal. Si ahli listrik ini juga tahu hal-hal sepele seperti berapa Ampere saklar MCB yang harus dipasang dan lain sebagainya.

Kedua, awasi pekerjaan instalasi baru listrik ini terutama saat pemasangan dan penyambungan kabel-kabel utama. Jalur kabel harus kita ingat dan kalau perlu kita buat gambar denahnya, agar ketika terjadi trouble di kemudian hari dapat dengan cepat teratasi. Korsleting sering terjadi pada sambungan kabel. Perhatikan pula pemasangan stop kontak agar aman bagi anak-anak dan bebas dari gangguan banjir.

Ketiga, mintalah kepada sang teknisi untuk menambahkan bagian grounding untuk instalasi listrik rumah kita. Grounding bermanfaat ketika terjadi gangguan pada gardu listrik atau sebagai safety saat terjadi petir di musim hujan.

Keempat, kita harus menguji langsung instalasi yang sudah dikerjakan, apakah sudah aman untuk digunakan. Pastikan bahwa arus listrik yang keluar dari stop kontak adalah lubang yang satunya plus dan lubang lainnya minus. Pernah terjadi di suatu komplek perumahan di Jakarta Utara, peralatan elektronik dan lampu tiba-tiba meledak dan setelah diuji dengan testpen ternyata arus yang keluar pada lubang stop kontak adalah plus plus.

Keamanan dan kenyamanan rumah niscaya akan terjaga dengan memperhatikan langkah-langkah diatas. Dengan demikian kita akan terhindar dari bahaya kebakaran akibat korsleting listrik.



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Kotak_Pesan_Dunia