Translate Article

Mengingat Kembali Permainan Gobag Sodor

Bookmark and Share
(Gobag Sodor, Gambar: risnarahmayanti.wordpress.com)

Melihat anak-anak bermain dengan teman-teman sebayanya adalah pemandangan yang sangat mengasyikkan untuk dilihat. Apalagi bila anak-anak tersebut melakukan permainan yang melibatkan aktivitas otot dan organ tubuh sehingga dapat dikategorikan juga sebagai aktivitas olah raga. Kita semua juga menyadari manfaat hebat yang akan diperoleh anak dengan permainan sekaligus olah raga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh si anak.

Salah satu jenis permainan yang melibatkan gerakan otot dan organ tubuh anak adalah sebuah permainan tradisional yang bernama gobag sodor. Permainan Gobag Sodor ini konon ceritanya berasal dari daerah Yogyakarta. Permainan Gobag Sodor sangat terkenal di Pulau Jawa dan sering dijadikan salah satu jenis lomba yang dijadwalkan pada event peringatan hari-hari besar nasional. Nama gobag sodor berasal dari dua kata yakni gobag dan sodor. Gobag itu artinya bergerak dengan bebas. Sedangkan sodor artinya adalah tombak. Hal ini karena cikal bakal permainan gobag sodor ini berasal dari para prajurit kerajaan di Pulau Jawa jaman dahulu yang berlatih perang dengan cara melakukan permainan sodoran. Di daerah lainnya di Indonesia, permainan gobag sodor ini dikenal dengan istilah Galah Asin atau Galasin.

(Denah Lapangan Permainan Gobag Sodor, Gambar : utiket.com)

Dalam permainan gobag sodor ini pemain terdiri dari dua tim atau dua grup, satu grup jaga dan satunya lagi grup serang. Jumlah pemain secara standar dalam permainan ini adalah sebanyak 5 orang. Aturan sederhana dari permainan gobag sodor ini adalah bahwa permainan dinyatakan berhenti jika tim atau grup serang semua pemainnya berhasil sampai melewati garis belakang dari tim jaga tanpa tersentuh anggota tubuhnya. Jika sampai ada salah satu pemain dari tim serang yang tersentuh anggota tubuhnya oleh tim jaga, maka posisi ditukar, yakni tim jaga akan menjadi tim serang. Aturan bermain ini biasanya dibicarakan sebelum permainan gobag sodor dimulai. Pada umumnya permainan ini tidak menggunakan aturan yang saklek karena bertujuan untuk menghibur.

Permainan gobag sodor juga dapat dimainkan dengan memanfaatkan lapangan bulu tangkis yang sedang tidak terpakai, dengan jumlah pemain sebanyak 4 orang. Dengan menggunakan lapangan bulu tangkis, anak-anak yang melakukan permainan ini tidak perlu repot lagi menggambar garis sebagai pembatas area pergerakan tim jaga. Permainan gobag sodor biasanya akan membuat penonton dan pemainnya tertawa terpingkal-pingkal saat ada salah satu atau beberapa pemain yang jatuh terpeleset di lapangan permainan. Momen seperti inilah yang membuat permainan gobag sodor sangat sering dimainkan pada tahun 1990-an sebagai permainan wajib anak-anak pada masa itu. 


{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Wahab Saputra mengatakan...

Klo di tempatku namanya galasin...

Kotak_Pesan_Dunia