Translate Article

Menyiapkan Anggaran Biaya Service Motor

Bookmark and Share
(Service Motor-Gambar: holis-nara.blogspot.com)

Sepeda motor adalah jenis kendaraan yang paling banyak digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari. Apalagi untuk negara Indonesia yang kurang memiliki sarana transportasi massal yang memadai, sepeda motor menjadi pilihan utama mengingat harga belinya yang terjangkau dan lebih irit konsumsi bahan bakarnya ketimbang kendaraan jenis lainnya. Kini sepeda motor bukanlah menjadi barang mewah bagi sebagian besar orang. Penjualan secara kredit yang semakin dipermudah membuat jumlah kepemilikan sepeda motor setiap tahunnya semakin meningkat. Setiap rumah tangga rata-rata sekarang sudah memiliki dua unit sepeda motor.

Kehadiran sepeda motor jenis matic menjadi angin segar terutama bagi kaum hawa yang mendambakan kemudahan dalam pengoperasian kendaraan bermotor ini. Jumlah sepeda motor jenis matic pun mulai mendominasi di jalanan dengan berbagai model dan varian. Pengguna usia remaja menjelang dewasa seperti pelajar dan mahasiswa menjadi konsumen yang diincar pabrikan sepeda motor untuk terus bersaing memperkenalkan keunggulan sepeda motor yang mereka produksi.

Sama seperti peralatan berbasis teknologi lainnya, sepeda motor atau motor kita ini membutuhkan perawatan yang baik agar dapat bekerja dengan maksimal saat dikendarai. Service motor harus dilakukan secara rutin demi kenyamanan dan keselamatan pengendara. Service motor secara ringan biasanya dengan melakukan ganti oli. Untuk sepeda motor yang baru saja dibeli, pada tahun pertama penggunaan pada umumnya akan diberikan service motor secara gratis 3-4 kali. Satu tahun pertama kita hanya perlu menambahkan sedikit biaya untuk spare part motor yang harganya relatif murah.

Service motor akan menguras dompet pemilik kendaraan ini pada tahun kedua atau tahun ketiga pemakaian. Motor jenis matic adalah yang paling besar biaya servicenya dibanding jenis sepeda motor lainnya. Penggantian spare part motor matic dengan cara satu persatu dicicil adalah langkah cerdas yang bisa kita lakukan untuk memperingan pengeluaran service motor. Dengan demikian kita tidak perlu terkejut atau kaget melihat kuitansi pembayaran biaya service dikasir kalau nominalnya terlalu besar untuk ukuran dompet kita.

Berdasarkan wawancara yang saya lakukan dengan pemilik sepeda motor khususnya jenis matic, service motor untuk jenis ini akan menghabiskan lebih kurang Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 1.000.000 setiap tahunnya. Mahalnya biaya service motor ini mengikuti kurs Rupiah, karena masih banyak suku cadang kendaraan bermotor yang masih impor dari luar negeri. Intensitas penggunaan juga mempengaruhi biaya service motor. Sepeda motor yang sering digunakan untuk menempuh perjalanan yang jauh akan semakin sering membutuhkan perawatan.

Anggaran biaya service motor adalah suatu bagian tak terpisahkan dari kemampuan kita melakukan pengaturan pendapatan dan pengeluaran. Bagian ini harus menjadi prioritas dan kita mesti menyisihkan setidaknya 5 persen dari gaji atau penghasilan untuk keperluan service motor. Nah, kalau jumlah sepeda motor kita lebih dari satu unit, tinggal dikalikan saja dengan jumlah sepeda motornya. Dengan demikian kita mempunyai persiapan yang baik dan terhindar dari penyakit kepala cenat-cenut akibat mahalnya biaya service motor beserta penggantian spare partnya.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Kotak_Pesan_Dunia