Header Ads

test
  • Home
  • Berita
  • Bisnis
  • Belanja
  • Gadget
  • Game
  • Investasi
  • Sekolah
  • Komputer
  • Puisi
  • Privacy Policy
  • Wisata
  • Tips Hidup Bahagia


    Adakah orang yang ingin hidup sengsara? Tentu saja tidak. Setiap orang pasti menginginkan hidup bahagia bersama orang-orang yang dicintainya. Namun, banyak orang yang menjadi tidak bahagia padahal hidupnya bergelimang karunia. Ada orang yang diberi anggota tubuh lengkap, namun sehari-hari tak pernah mensyukuri karunia Tuhan berupa anggota tubuh yang lengkap dan selalu sehat. Ada keluarga yang bergelimang harta, namun antara anak dan orang tua seperti matahari dan rembulan, tak pernah bisa bercengkerama gembira menghabiskan waktu bersama-sama. Berikut ini beberapa tips agar hidup kita senantiasa bahagia:

    Pertama, jangan menjadi bahagia karena keadaan atau lingkungan. Keadaan atau lingkungan bisa berubah sewaktu-waktu, jika keadaan menjadi alasan bagi kita untuk menjadi bahagia, maka kita hanya akan terombang-ambing oleh keadaan diluar diri kita. Kebahagiaan itu dari dalam diri kita, dari dalam hati dan bukan karena keadaan atau lingkungan di luar diri kita. Jangan biarkan keadaan menentukan kapan kita akan bahagia atau bagaimana kita bisa menjadi bahagia. Keputusan untuk bahagia ada ditangan kita sendiri. Atau istilahnya adalah kebahagiaan itu selalu dalam genggaman kita, tak peduli ada badai atau petir, ketika kita memutuskan untuk bahagia, maka tak ada orang lain yang dapat menghalanginya.

    Kedua, lihatlah kebawah bukan keatas. Kita mesti bersyukur karena dari banyak hal, hidup kita lebih beruntung dari orang lain. Contohnya, kita punya sepeda motor, lihatlah bahwa masih banyak saudara-saudara kita yang harus berjalan kaki berkilo-kilo meter jauhnya karena tak punya kendaraan sebagai sarana transportasi. Jika kita terus melihat kebawah dalam arti mengakui bahwa ternyata kita lebih beruntung dibanding saudara kita lainnya, maka setiap hari kita tak pernah lupa untuk bersyukur. Bersyukur adalah laku terbaik untuk melahirkan rasa bahagia.

    Ketiga, nikmatilah setiap suap makanan yang kita santap. Makan selain memberikan asupan gizi untuk tubuh kita, makan juga bisa menjadi sumber kebahagiaan. Rasakanlah kenikmatan setiap suap demi suap makanan yang kita santap setiap harinya. Kenikmatan atau lahapnya kita saat makan, akan dirasakan juga oleh orang yang duduk dekat dengan kita.

    Keempat, teruslah membuka wawasan dengan mencari informasi dan referensi. Dengan membuka diri untuk menerima banyak informasi dan referensi, kita akan memiliki semakin banyak alasan untuk bahagia. Hal-hal baru yang kita lihat atau baca bisa mengubah mindset buruk yang sempat tertanam di otak bawah sadar kita. Kita akan terbiasa dengan masukan dan kritik yang membangun dan mendukung kebahagiaan kita.

    Beberapa hal tersebut bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar senantiasa bahagia. Meski masih banyak tips-tips lain yang bisa mendongkrak kualitas bahagia kita, namun tips diatas merupakan hal yang kadang terlihat sepele padahal sangat berpengaruh pada kita untuk bisa menjadi insan-insan yang hidup bahagia dan sejahtera. Jadi, berbahagialah mulai dari sekarang.

    3 komentar

    Wahab Saputra mengatakan...

    Artikel yang jujur...

    Gatoloco Mbelgedes mengatakan...

    Terima kasih sobat. Salam sukses selalu dan mohon maaf kalau belum sempat membalas komentar sobat satu per satu. Keep blogging for better life....

    priya elpati mengatakan...

    Bener tuh bos td pagi. Td pagi aku lihat kebawah dapet Rp150.000. Eeeeee.. giliran lihat keatas kejatuhan tai burung bos.