Translate Article

Dari Purwokerto Sampai Purbalingga

Bookmark and Share
Perkembangan bisnis batu akik telah memberikan warna tersendiri bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Indonesia kini boleh mulai bangga dengan keberhasilan rakyat membangun bisnis batu akik. Bisnis batu akik adalah salah satu contoh bisnis yang dirintis dan dibangun sendiri oleh masyarakat, istilahnya dari masyarakat untuk masyarakat atau dari rakyat untuk rakyat. Ini merupakan hal yang patut diacungi jempol, karena masyrakat Indonesia telah sukses membangun basis perekonomiannya sendiri melalui sebuah karya istimewa yakni batu akik Nusantara dengan berbagai jenis dan varian yang luar biasa.

Purbalingga Kota Penghasil Batu Klawing Pancawarna
(Purbalingga Kota Penghasil Batu Klawing Pancawarna, Gambar: viewphotos.org)

Purbalingga merupakan salah satu kota kabupaten penghasil batu akik dan batu mulia yang sudah sangat terkenal di kalangan pecinta batu akik Nusantara. Kota Purbalingga berdampingan dengan Kota Purwokerto, Jawa Tengah yang masyarakatnya hidup rukun berdampingan sejak zaman dahulu. Kalau Anda berkunjung ke Purbalingga dan Purwokerto, Anda akan melihat bahwa bahasa sehari-hari yang digunakan masyarakat kedua kota ini adalah sama, yakni bahasa Banyumasan.

Obyek Wisata Air Owabong Purbalingga
(Obyek Wisata Air Owabong, Gambar: pengenliburan.com)

Perekonomian kota Purbalingga mulai berkembang sangat pesat setelah pemerintah setempat membangun sebuah objek wisata air bernama Owabong. Tempat wisata air Owabong setiap akhir pekan dan liburan panjang selalu dibanjiri pengunjung dari berbagai kota di Indonesia. Dengan sumber air langsung dari mata air dari Gunung Slamet, pengunjung akan merasakan kesegaran air pegunungan yang dapat membuat rileks tubuh dan fikiran. Dihiasi dengan panorama alam pedesaan, objek wisata air ini mampu menarik minat para wisatawan dalam negeri yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Untuk sampai ke kota Purbalingga, kita dapat menggunakan saran transportasi umum yakni kereta api yang tersedia sampai di stasiun Purwokerto. Dari stasiun kereta api Purwokerto kita akan melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan carteran, taksi, atau jika Anda ingin menikmati segarnya udara desa Anda dapat menggunakan ojek. Agar perjalanan Anda menyenangkan, waktu yang tepat untuk naik kereta adalah malam hari agar Anda dapat sampai tepat di pagi yang masih segar dan wangi.

(Stasiun Kereta Api Purwokerto, Gambar: kaskus.co.id)

Apabila Anda sampai di Stasiun Purwokerto pada siang hari, Anda dapat mampir sejenak untuk menyantap sedapnya kuliner khas dari Sokaraja, Banyumas yakni makanan yang bernama "Sroto Sokaraja" yang dapat ditemukan di sepanjang Jalan Soepardjo Rustam Sokaraja melengkapi perjalanan Anda dari Purwokerto menuju Purbalingga. Rasa sambel kacang Sroto Sokaraja yang gurih-gurih manis akan membuat Anda ketagihan. Bagi Anda yang baru pertama menikmati sedapnya Sroto Sokaraja ini, saya jamin Anda akan memesan satu mangkok tambahan makanan Sroto Sokaraja ini.

Sroto Sokaraja Banyumas yang gurih dan maknyuss
(Sroto Sokaraja Banyumas yang gurih dan maknyuss, Gambar: citizen6.liputan6.com)

Makanan Sroto Sokaraja Banyumas ini sangat maknyuss sekali rasanya. Saya sebagai orang Purwokerto saja sering ketagihan dengan makanan khas Sokaraja Banyumas ini dengan bumbu kacang yang diolah menggunakan resep pilihan yang merupakan warisan leluhur yang sangat luar biasa. Dengan harga antara 15 ribu sampai 25 ribu rupiah, Anda akan disuguhi sajian Sroto Sokaraja yang menggugah selera kuliner Anda.

Nah, setelah puas menikmati Sroto Sokaraja Anda dapat membeli jajanan dan makanan khas Banyumas yang dapat dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah. Anda dapat memilih berbagai oleh-oleh seperti Getuk Goreng, Nopia, Keripik Tempe, Jenang Jaket, dan berbagai penganan khas lainnya. Setelah itu Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Purbalingga untuk berburu batu akik pancawarna klawing atau batu telur kodok yang sekarang sedang naik daun. Dengan rute seperti yang sudah saya informasikan saya jamin 100 persen perjalanan Anda melihat pusat batu akik di Purbalingga akan lebih berkesan.


{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Wahab Saputra mengatakan...

Sangat mengesankan

Gatoloco Mbelgedes mengatakan...

Terima kasih Sobat Wahab Saputra :)

Kotak_Pesan_Dunia