Translate Article

25 Aktivitas Positif Agar Kualitas Hidup Meningkat

Bookmark and Share
Ada 25 aktivitas positif agar kualitas hidup kita meningkat. Aktivitas-aktivitas berikut ini mungkin bisa mengingatkan Anda pada saat rasa jenuh dan penat mulai menghampiri. Dengan melakukan 25 aktivitas positif ini mudah-mudahan dapat merubah keyakinan kita bahwa hidup itu sebenarnya indah asalkan kita mau menerima dan memaafkan kekurangan diri sendiri. Agar kualitas hidup kita meningkat, Anda dapat melakukan:

1. Berenang

Berenang untuk kesehatan fisik dan pikiran
Berenang untuk kesehatan fisik dan pikiran


Renang adalah salah satu olahraga yang menyehatkan tubuh manusia. Dengan rutin melakukan olahraga renang, maka kesehatan organ pernapasan manusia akan semakin membaik. Berenang sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah pernapasan. Tentu saja Anda harus melakukan aktivitas berenang ini mengikuti aturan keselamatan dan prosedur yang benar dalam berenang. Dengan demikian akibat buruk seperti tenggelam saat kaki mengalami kram dapat dihindari.

Renang kini bahkan sudah menjadi tujuan utama keluarga yang berwisata ke suatu tempat. Mereka dengan senang dan ceria menghabiskan waktu bersama keluarga di kolam renang. Orang tua yang mendampingi putra-putrinya berenang dapat menyiasati mahalnya biaya untuk membeli jajanan di lokasi kolam renang dengan membawa bekal dari rumah. Sehingga tidak semua jajanan harus dibeli.

2. Beribadah
Manusia dilahirkan di dunia dengan dianugerahi tiga kemampuan yang sering diukur dengan perhitungan tertentu. Tiga kemampuan ini sering diistilahkan dengan kecerdasan-kecerdasan yang dimiliki manusia sejak lahir dan akan terus terasah dengan baik mengikuti pertambahan usianya.

Secara umum manusia memiliki tiga macam kecerdasan, yakni Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual. Menurut Stephen R. Covey, pengertian kecerdasan intelektual adalah kecerdasan manusia yang berhubungan dengan mentalitas, yaitu kecerdasan untuk menganalisis, berfikir, menentukan kausalitas, berfikir abstrak, bahasa, visualisasi, dan memahami sesuatu.

Kecerdasan emosional digambarkan sebagai kemampuan untuk memahami suatu kondisi perasaan seseorang, bisa terhadap diri sendiri ataupun orang lain, kecerdasan ini lebih tepat diungkapkan dengan What I Feel (apa yang saya rasakan). Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi persoalan makna atau value, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita dalan konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain (Danar Zohar dan Ian Marshal).

Kecerdasan spiritual dewasa ini tengah menjadi perbincangan dan bahan diskusi yang menarik karena kecerdasan spiritual ini yang menjadikan kehidupan manusia dapat mendekati pada sisi yang sempurna menurut persepsi manusia itu sendiri. Beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing akan mendongkrak potensi luar biasa manusia, sehingga ia dapat hidup lebih sejahtera, lebih kaya, namun tetap memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap manusia lainnya.

3. Berkebun

Berkebun untuk menghijaukan rumah
Berkebun untuk menghijaukan rumah

Pernahkah Anda menanam pohon mangga di halaman depan rumah? Atau pernahkah Anda menanam pohon cabai yang kelak dapat dipetik sang ibu untuk keperluan memasak? Yah...aktifitas menanam sebuah pohon bisa dikategikan sebagai aktifitas berkebun. Tujuannya adalah pohon yang kita tanam tersebut akan memberikan banyak manfaat untuk keluarga. Manfaat utama dari menanam pohon adalah agar udara di sekitar tempat tinggal kita menjadi lebih sejuk, lebih fresh, dan dapat meningkatkan kualitas hidup karena kesehatan organ paru-paru kita semakin membaik.

Berkebun bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan tanah yang sempit tak menjadi persoalan bagi kita untuk melakukan aktivitas berkebun ini. Karena zaman sekarang semakin jarang orang yang memiliki lahan yang luas untuk menanam pohon kesayangan mereka. Yang terpenting dalam aktifitas berkebun ini adalah sedapat mungkin memberikan rasa senang dan gembira akibat interaksi yang baik antara manusia dengan lingkungan.

4. Bermain Dengan Hewan Peliharaan
Bermain dengan hewan peliharaan juga termasuk aktivitas positif yang akan meningkatkan kualitas hidup. Perilaku lucu dan menggemaskan dari hewan peliharaan memberikan rasa gembira dan kepuasan batin yang tak terhingga. Hewan peliharaan ini pun dapat kita latih untuk mengerjakan hal-hal tertentu yang dapat membantu pekerjaan kita sehari-hari. Anda dapat melatih hewan peliharaan tersebut untuk menjaga rumah seperti seorang satpam. Atau mengajarkan hewan kesayangan Anda untuk berakting selucu mungkin yang dapat Anda buat video rekamannya.

Selain itu hewan peliharaan yang termasuk kategori binatang ternak, dapat kita kembangbiakkan untuk meningkatkan penghasilan keluarga. Dengan demikian ada manfaat ganda yang Anda peroleh. Misalnya jika Anda senang memelihara ikan gurameh, ini hal baik karena harga ikan gurameh semakin tahun semakin mahal.

5. Bermain Dengan Si Kecil

Bermain dengan si kecil
Bermain dengan si kecil

Anak kecil merupakan sosok manusia yang perilaku dan gerak-geriknya paling natural. Anak akan berekspresi tanpa harus memikirkan banyak hal, sehingga apa yang dia lakukan akan terlihat sangat menarik dan menggemaskan. Senyuman dan ketawa cekikik anak kecil dapat memberikan sinyal kebahagiaan bagi orang dewasa yang melihatnya.

Apabila Anda sedang merasa jenuh dan letih akibat beban pekerjaan yang semakin berat, luangkanlah sejenak untuk bermain dengan putra-putri kesayangan Anda, keponakan, atau adik kandung Anda yang masih balita. Kedekatan dengan anak kecil akan menumbuhkan perasaan cinta kasih dan kepedulian terhadap sesama. Kita kadang juga perlu belajar dari anak kecil agar hidup tidak terbebani dengan masalah sehari-hari orang dewasa.

6. Bermain Alat Musik

Memainkan alat musik
Memainkan alat musik


Musik memberikan nuansa positif tersendiri bagi manusia. Musik dapat menegaskan tentang peristiwa, kejadian, aktivitas, atau apapun yang sedang kita rasakan. Saat manusia sedang sedih, musik dapat membantu manusia untuk meresapi kesedihan dengan lebih bijaksana. Dan saat sedang merasakan kebahagiaan musik juga membantu manusia berekspresi lebih dewasa dan tidak berlebihan.

Bermain musik merupakan salah satu aktivitas positif yang memberikan banyak manfaat. Perasaan atau emosi seseorang akan tersalurkan dengan baik saat sedang bermain musik. Saat jari tangan manusia mulai menggerakkan beberapa bagian dari alat musik, saat itu juga otak bawah sadar sedang menata dirinya mengikuti aktivitas bermusik kita. Beberapa potensi yang tertanam di dalam diri manusia yang merupakan bawaan sejak lahir akan muncul satu per satu. Ini artinya musik akan mempertajam daya imaginasi dan melahirkan kreatifitas-kreatifitas baru.

Anda dapat mulai mencoba belajar memainkan salah satu alat musik yang Anda sukai. Piano dan gitar merupakan alat musik yang paling digemari banyak orang. Tentu saja bermain piano terlihat lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan bermain gitar. Hal ini karena saat memainkan gitar, jari tangan Anda harus berada pada posisi dan penekanan yang pas. Jika tidak maka nada yang dihasilkan akan terdengar aneh. Karena itu untuk Anda yang belum pernah sama sekali memainkan alat musik, belajar memainkan alat musik piano atau keyboard adalah pilihan pertama yang bisa Anda coba.

7. Bernyanyi / Karaoke

Bernyanyi dan ekspresikan perasaan
Bernyanyi dan ekspresikan perasaan


Menyanyikan salah satu lagu favorit dengan segenap ekspresi merupakan salah satu cara yang apik untuk menumpahkan gejolak emosi yang sedang kita alami. Saat manusia sedang mengalami kondisi emosi yang kuat seperti saat marah, sedih, atau saat sedang jatuh cinta, menyanyi adalah hal positif yang dapat kita lakukan untuk membimbing perilaku kita agar tidak melakukan tindakan negatif yang hanya akan merusak citra diri dan merugikan diri kita sendiri.

Saat Anda sedang marah, cobalah untuk menyanyikan lagu yang bernada cepat seperti lagu rock. Kemudian setelah sekian lama menyayikan lagu rock tersebut, mulailah untuk menyanyikan lagu yang bernada lebih lembut atau slow. Ini perlahan akan meredam amarah kita dan menurunkan tekanan darah atau depresi yang mungkin saja muncul kemudian.

8. Bersepeda

Bersepeda santai di pagi hari
Bersepeda santai di pagi hari


Menikmati udara pagi di sepanjang jalan yang terbentang lahan sawah yang subur sambil bersepeda santai bisa kita jadikan pilihan agar tubuh kita semakin sehat dan pikiran semakin fresh. Bebaskan diri Anda dari kemelut dan problematika hidup sehari-hari. Ini adalah saatnya bagi Anda untuk memiliki waktu lebih banyak menikmati keindahan alam. Bersepeda di alam lepas terasa berbeda dan sangat mengasyikkan dibanding bersepeda di jalan raya yang padat dengan kendaraan bermotor. Saya rasa Indonesia masih banyak desa-desa yang dapat Anda pilih sebagai tempat untuk melakukan aktivitas bersepeda santai ini.

9. Bersih-bersih Rumah
Kebersihan merupakan hal yang wajib diutamakan bagi Anda yang ingin tempat tinggalnya jauh dari wabah penyakit. Menjaga kebersihan rumah dengan melakukan aktifitas bersih-bersih rumah ini dapat kita lakukan setiap hari atau saat sedang libur. Nikmati aktifitas ini karena nanti kita sendirilah yang akan menikmati kondisi rumah yang bersih dan tidak bau. Jika Anda tak memiliki banyak waktu untuk bersih-bersih rumah, ajaklah pembantu atau keponakan Anda untuk ikut menyelesaikan acara bersih-bersih rumah ini.

10. Fotografi
Orang Indonesia akhir-akhir ini terjangkit virus selfie yang gencar terjadi di seluruh penjuru tanah air. Meskipun terlihat sedikit lebai, namun aktifitas potret-memotret alias fotografi ini apabila dijadikan aktivitas yang rutin dan serius akan memberikan banyak manfaat positif. Anda bisa saja terlatih dan akan terkenal menjadi seorang fotografer yang dibayar mahal. Anda dapat juga mempublikasikan gambar, foto hasil jepretan Anda di Internet melalui website sendiri tentunya. Nantinya semakin banyak orang yang tertarik untuk melihat atau mendownload foto-foto hasil jepretan Anda, disitulah uang akan mengalir ke kantong. Tertarik untuk mencoba?

11. Ikut Arisan Keluarga
Nah...kalau aktivitas yang satu ini tentu Anda pernah mendengar atau bahkan pernah terlibat di acara arisan keluarga. Arisan keluarga biasanya diadakan sebulan sekali dengan tempat arisan yang berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah yang lain sesuai dengan urutan yang sudah disepakati. Arisan keluarga diadakan berawal dari keinginan anggota keluarga untuk menyatukan keluarga besarnya agar kelak keharmonisan tetap terjaga dan diantara anggota keluarga besar tersebut saling memberikan informasi dan bantuan yang berguna bagi saudara mereka yang sedang membutuhkan saran dan berbagai macam bantuan lainnya.

Wow!!! Bagi Anda yang berprofesi sebagai pebisnis, mengikuti aktivitas arisan keluarga tentu akan meningkatkan penjualan. Anda dapat menawarkan produk dagangan Anda dan para anggota keluarga lainnya tentu akan dengan senang hati untuk turut mempromosikan bisnis Anda. Karena itu jalinan komunikasi yang baik dalam aktivitas arisan keluarga memberikan keuntungan bagi kita.

12. Kerja Bakti
Sudah menjadi kewajiban manusia untuk saling membantu satu sama lain dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang bersifat sosial. Kerja bakti merupakan satu contoh aktivitas positif yang bisa kita lakukan di lingkungan tempat tinggal. Pekerjaan yang biasanya dilakukan secara gotong royong misalnya membersihkan saluran air yang tersumbat karena sampah, membangun tempat ibadah, membangun fasilitas publik seperti jembatan yang sudah rusak parah, dan berbagai aktivitas lainnya.

Kerja bakti merupakan sarana yang ampuh untuk membangun kepedulian kita terhadap sesama dan mempererat tali persaudaraan diantara sesama. Oleh karena itu, sempatkanlah waktu kita apabila suatu saat di lingkungan tempat tinggal kita sedang ada kegiatan kerja bakti. Terlibat aktif dalam kegiatan sosial seperti ini akan meningkatkan kualitas hidup karena suatu saat tetangga di sekitar akan dengan sukarela memberikan bantuan tenaga dan pikiran saat kita sedang dilanda musibah.

13. Meditasi
Kehidupan manusia modern tak pernah luput dari masalah, tekanan hidup, dan berbagai hal tak terduga yang menyebabkan seseorang merasa stress, frustasi, dan bahkan banyak yang berujung pada rasa bersalah atau putus asa. Bila tak paham cara mengatasi atau minimal cara agar beban pikiran bisa dikurangi, bukan tak mungkin manusia cenderung melakukan hal-hal yang negatif yang bukannya menyelesaikan masalah, tetapi semakin menambah masalah.

Meditasi adalah aktivitas positif yang patut kita jadikan rutinitas sehari-hari. Meditasi memberikan manfaat yang cukup besar terutama untuk kesehatan organ otak manusia. Dewasa ini banyak penyakit yang diderita manusia berasal dari pikirannya. Meditasi memberikan waktu yang cukup bagi pikiran kita untuk kembali bekerja sesuai porsinya. Gelombang otak akan bergerak selaras dan ini memberikan efek meningkatkan gairah hidup dan menyegarkan pikiran. Lakukanlah meditasi minimal 5-10 menit sebelum tidur.

14. Memancing

Memancing ikan di alam terbuka
Memancing ikan di alam terbuka


Sabar itu indah dan nikmat. Kesabaran sejatinya adalah suatu kecerdasan manusia dalam menyikapi setiap kejadian dengan cara menerima dengan lapang dada segala hal yang menimpa dirinya dan menetukan waktu yang tepat dengan kehati-hatian yang tinggi untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Sabar artinya kita mau belajar dari setiap peristiwa dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil tindakan. Orang yang sabar akan berhati-hati memilih suatu pilihan dan tak malu untuk menimba pengalaman dari orang lain meski orang tersebut lebih muda darinya.

Memancing merupakan salah satu aktivitas positif yang dapat memperhalus kualitas kesabaran kita. Memancing ikan di kolam baik di kolam tertutup maupun terbuka memberikan pelajaran yang berharga mengenai manajemen waktu. Ia akan belajar bagaimana meraih tujuan dan merasakan nikmatnya perasaan ketika tujuan tersebut tercapai. Memancing juga sangat efektif untuk membangun suasana romantis dengan alam sekitar. Anda dapat memancing bersama anggota keluarga di tempat terbuka dengan udara yang segar dan nuansa alam yang eksotik.

15. Memasak
Bosan dengan makanan yang Anda beli karena harga yang dikeluarkan tak sebanding dengan rasa makanan yang didapatkan? Hemm...mengapa tak mencoba untuk memasak sendiri menu makanan favorit Anda? Berbagai panduan memasak kini banyak tersedia di internet, seperti website youtube yang menampilkan konten video memasak berbagai macam menu dari orang biasa sampai video yang menanyangkan sang ahli kuliner nusantara.

Ibu rumah tangga yang gemar memasak lebih disukai anggota keluarga. Anak-anak dan suami akan sangat antusias menanti masakan ibu setiap harinya. Selain itu, memasak makanan tertentu bisa kita jadikan hobi yang positif dengan membuka usaha catering misalnya. Karena dewasa ini penjual makanan atau warung makan yang menjual makanan dengan cita rasa yang enak dan sehat makin susah dicari. Ini adalah peluang yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup.

16. Membaca Buku
"Buku adalah jendela dunia", demikianlah pepatah lama mengatakan. Membaca buku sangat dianjurkan oleh para ahli motivasi dan membaca buku merupakan salah satu hobi yang sering dilakukan oleh orang-orang sukses. Dengan membaca buku kita dapat memperdalam suatu pengetahuan dan nantinya akan berujung meningkatkan keterampilan. Dengan memiliki keterampilan yang mumpuni dalam suatu bidang, maka kesuksesan akan selalu mengikuti.

Bacalah buku-buku yang berisi motivasi hidup agar memberikan inspirasi dalam hidup kita. Membaca buku juga merupakan sarana yang efektif untuk bercermin, seperti apakah kualitas diri kita. Belajar dan terus belajar dari kekurangan diri sendiri dan belajar dari orang yang berhasil merubah kekurangan diri menjadi aset berharga di kemudian hari.

17. Mendaki Gunung
Udara pegunungan yang sejuk dan segar membuat kita menjadi rileks dan bergairah. Untuk Anda yang sehari-harinya bekerja atau beraktifitas di perkotaan yang padat dan selalu terjebak dalam kemacetan lalu lintas, dapat mengobati diri kita dengan melakukan aktivitas pendakian gunung. Anda akan merasakan suasana alam yang hening dan mendengarkan suara hewan-hewan di hutan yang sangat merdu dan memanjakan telinga.

Mendaki gunung harus dilakukan dengan berkelompok dan mengikuti petunjuk petugas penjaga pintu jalur pendakian. Pastikan Anda membawa perlengkapan dan perbekalan yang cukup namun tidak membenani saat melakukan pendakian. Ikuti etika yang harus ditaati agar perjalanan Anda selama mendaki gunung berlangsung aman, santai, dan menyenangkan. Selama pendakian Anda dapat mengabadikan beberapa peristiwa alam yang unik dan menarik. 

18. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik tentu berbeda dengan aktivitas seperti menyanyi atau memainkan alat musik. Artinya kita hanya berperan sebagai pendengar saja. Mendengarkan musik paling nikmat dilakukan sambil makan camilan atau sambil tiduran. Namun, jangan mendengarkan musik menggunakan headset saat perangkat pemutar musik kita sedang diisi baterainya ketika Anda tiduran. Karena saat kita mulai tertidur, energi listrik yang ada dalam tubuh semakin melemah, sehingga arus listrik dari perangkat elektronik akan mengalir ke arah tubuh dan menggetarkan tubuh seperti saat kesetrum. Dengarkanlah musik dengan wajar dan santai.

19. Menikmati Hujan

Menikmati segarnya air hujan
Menikmati segarnya air hujan


Hujan adalah anugerah alam yang tak terhingga. Hujan memberikan sinyal kepada tumbuh-tumbuhan untuk melanjutkan proses tumbuh kembang. Hujan merupakan pertanda bahwa bumi akan senantiasa subur dan memberikan kemakmuran bagi umat manusia. Sebuah negri yang sering diguyur hujan selalu mendapatkan hasil bumi yang melimpah.

Anda dapat menikmati turunnya hujan dengan duduk di teras rumah sambil melihat dedaunan yang setetes demi setetes tertimpa air hujan. Suara gemericik air hujan merupakan suatu cara terapi pikiran dan emosi yang sangat mujarab. Karena suara hujan dibuat selaras dengan irama dan detak jantung manusia serta peredaran manusia. Resapilah setiap menitnya dengan rileks dan lamunan positif yang memberikan semangat untuk menjalani hidup. 

20. Menikmati Secangkir Wedang
Rutinitas sehari-hari kadang hanya menyisakan waktu yang terbatas bagi manusia untuk memanjakan dirinya. Sehingga sering kita mendengar banyak orang yang tak sempat sarapan pagi atau menikmati secangkir kopi di pagi hari. Hal seperti itu terus terjadi berulang-ulang hari demi hari sampai tak disadari ia sudah menjalani aktivitas semacam ini selama puluhan tahun. Yah, puluhan tahun namun Anda tak sempat semenitpun untuk menyeruput minuman hangat di pagi hari.

Kebiasaan seperti ini harus kita rubah. Bangunlah beberapa menit lebih awal agar kita dapat menikmati secangkir wedang kesukaan di pagi hari yang cerah. Gunakan waktu yang kurang dari lima belas menit ini untuk berkomunikasi yang baik dengan anggota keluarga.

21. Menonton Film di Bioskop
Menonton film di bioskop dapat kita jadikan pilihan untuk meningkatkan kualitas hidup. Manusia butuh refreshing dan hiburan untuk meringankan beban pikiran. Sejenak manfaatkanlah waktu liburan di akhir pekan bersama orang yang kita cintai untuk menonton film di bioskop. Menonton film di bioskop tentu terasa lebih menyenangkan karena sound system yang sangat handal dan ruangan yang memang sudah disetting untuk memberikan rasa nyaman saat menonton. Anda tidak akan terganggu dengan suara-suara di sekitar karena mereka semua fokus menonton film. Berbeda dengan menonton film di rumah, kita bisa saja terganggu dengan kedatangan tamu yang tiba sewaktu-waktu.

22. Menulis
Menulis dapat dijadikan salah satu sarana untuk menuangkan ide, gagasan, mewakili perasaan penulisnya, dan melahirkan inspirasi menakjubkan dari seseorang. Pernah dengar tentang kesuksesan seorang ibu rumah tangga yang berubah hidupnya karena menulis? Nah, kita dapat mengikuti jejak langkah mereka. Menulis itu menguntungkan. Apalagi bila Anda memahami sedikit tentang internet, menulis dapat dijadikan aktivitas positif untuk menambah pendapatan keluarga. Seorang komedian seperti Raditya Dika pun dulu mengawali aktifitasnya dengan menulis. Tulis apa yang Anda lihat, Anda rasakan, Anda alami, atau tulis tentang ketiga-tiganya.

23. Merawat Kendaraan
Membersihkan motor atau mobil sendiri memberikan sensasi yang berbeda. Sebagai pemilik kendaraan tersebut tentu Anda akan mengetahui dengan detail kondisi kendaraan Anda saat ini. Jika ada yang rusak dan perlu diganti, Anda dapat segera mereparasinya. Sebagian orang merasa malas merawat kendaraan miliknya karena kesibukan sehari-hari. Tidak harus melakukan perawatan penuh, Anda cukup memeriksa sebagian komponen kendaraan yang vital agar tidak merepotkan saat digunakan di jalan. Sehingga waktu Anda tak tersita karena rendahnya kepedulian terhadap kendaraan milik Anda.

24. Silaturahmi
Ini memang hampir sama dengan mengikuti aktivitas arisan keluarga. Silaturahmi yang dimaksud adalah, bahwa kita menyediakan waktu khusus untuk mengunjungi teman dan kerabat satu persatu agar tercipta hubungan yang lebih dekat dan harmonis. Melalui teman dan sahabat dekat kita dapat berbagi kisah dan informasi yang dapat memberikan pelajaran dan motivasi berharga bagi kehidupan kita. Pertemuan secara personal memberikan manfaat yang lebih baik ketimbang berkunjung secara bersama-sama secara bergerombol. Biasanya nasihat atau kalimat bijak akan muncul saat komunikasi personal berlangsung.

25. Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak untuk hidup lebih baik
Tidur nyenyak untuk hidup lebih baik


Hemm...kenapa tidur nyenyak dapat meningkatkan kualitas hidup? Yah...benar sekali, saat tidur nyenyak organ-organ dalam tubuh akan bekerja secara maksimal untuk memperbaiki se-sel yang lelah, rusak, atau menghidupkan kembali sel-sel tubuh yang telah mati. Tidur yang tak nyenyak tidak memberikan manfaat apapun bagi tubuh kita. Karena itu, 5 jam tidur nyenyak lebih baik ketimbang 8 jam tidur biasa. Anda dapat melakukan aktifitas seperti membaca buku, berdoa, atau bermeditasi agar kualitas tidur Anda semakin nyenyak dan bangun dengan kondisi tubuh yang fit dan bugar.

Demikianlah 25 aktivitas yang mudah-mudahan akan meningkatkan kualitas hidup kita. Anda dapat memilih untuk melakukan beberapa diantara aktivitas-aktivitas tersebut agar hidup Anda selalu sehat, sukses, dan gembira.


{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Yowanda Erlangga mengatakan...

Ya melakukan aktivitas positif memang dapat meningkatkan kualitas hidup, apalagi aktivitas positif dapat menghasilkan income seperti ngeblog atau menjadi youtuber. Di tunggu kunjungannya Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak

Dody Purwanto mengatakan...

Betul sekali Sobat. Pasti saya akan berkunjung, dan terima kasih sudah mampir.

Kotak_Pesan_Dunia