TUHAN MEMBERIKAN SEMUA INI GRATIS

Admin Februari 23, 2013

Alam semesta dan segala pernak-perniknya merupakan anugerah Tuhan bagi kebahagiaan umat manusia. Semua itu diberikan kepada kita tentu saja dengan “gratis”. Kewajiban kita adalah untuk menjaga kelestariannya yang ujung-ujungnya juga untuk kepentingan manusia itu sendiri. Dan itu merupakan bagian aktivitas umat manusia yang termasuk kategori ibadah.

Bila kita melihat kondisi zaman sekarang dimana banyak hal sudah dijadikan kepentingan komersial dan setiap yang kita perlukan harus dibeli dengan uang. Ada uang ada barang, yang artinya kalau tidak ada uang kebahagiaan kita akan tertunda atau hilang sama sekali.

Hal ini tentu berlawanan dengan hakikat nikmat atau anugerah yang diberikan Tuhan kepada umat manusia. Bisa kita bayangkan dalam kehidupan kita sehari-hari dimana aktivitas-aktivitas yang kita lakukan sehari-hari selalu bersentuhan dengan yang namanya uang. Relasi antar manusia pun sudah berpindah dari prinsip saling membutuhkan menjadi relasi yang bergantung pada aspek komersial. Ada uang ada barang, ada uang ada saudara, itulah motto hidup manusia modern dewasa ini.

Orang yang memiliki sedikit akses untuk memiliki uang otomatis sedikit pula akses untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Akibatnya banyak orang yang secara ekonomi hidup pas-pasan dan bukan dari keturunan orang kaya akan tersingkir dari peradaban dan kehilangan hak-hak hidupnya.

Rupanya sikap dan perilaku manusia sekarang sudah melampaui batas dan menyebabkan kemerosotan kualitas kehidupan manusia itu sendiri. Bukankah seharusnya manusia berinteraksi atas dasar saling membutuhkan, saling membantu satu sama lain, demi kehidupan yang bahagia dan sejahtera lahir dan batin, baik di dunia maupun alam sesudahnya???
Previous
Next Post »

Komentar Pengunjung