Translate Article

Produk Kadaluarsa Itu Akan Kemana?

Bookmark and Share

Sistem ekonomi modern sekarang sangat “memaksa” manusia untuk menganut gaya hidup konsumtif. Perusahaan-perusahaan setiap hari tidak henti-hentinya memproduksi banyak barang atau produk tanpa memikirkan apakah produk tersebut memang sangat vital dan harus dibeli atau tidak. Ini artinya manusia menciptakan kebutuhan dan kebutuhan-kebutuhan hidup itu akan terus mengejar-ngejar manusia itu sendiri.

Tim marketing dari masing-masing perusahaan pun dengan sigap menyebar ke seluruh penjuru atau pelosok negeri. Promosi lewat berbagai media pun gencar dilakukan untuk melakukan “penetrasi” pasar yang menghipnotis jutaan orang untuk terus tertarik dan akhirnya membeli dan terus membeli, pokoke Shopping Everyday sudah jadi hobi yang mendarah daging.

Bagi perusahaan yang “Hoki” nya bagus dan menjadi pemenang pasar tentu tidak menjadi permsalahan yang berarti. Mereka senang karna laba milyaran rupiah ada dalam laporan keuangan perusahaan mereka. Namun, bagaimana dengan perusahaan-perusahaan yang produknya kurang laku di pasaran? Apalagi jika produk-produk tersebut adalah berjenis makanan atau minuman yang nota bene ada masa berlakunya atau “Expired Date” alias tanggal kadaluarsanya.

Mungkinkah produk-produk tersebut akan terbuang sia-sia??? Padahal jika dikalkulasi dari berbagai perusahaan mungkin produk yang kadaluarsa itu cukup untuk menghidupi jutaan orang selama beberapa bulan, iya apa iya hayo???


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Kotak_Pesan_Dunia