Translate Article

Indonesia Terancam Krisis Listrik

Bookmark and Share

Salam Sukses Selalu ...
Pembaca dan Sobat Blogger yang baik hati, listrik merupakan jenis energi yang sangat vital di negeri ini. Tanpa ketersediaan listrik yang memadai mustahil suatu negara akan mengalami kemajuan. Karena pertumbuhan industri baru sebagai tanda kita siap menjadi negara produsen membutuhkan pasokan listrik yang sangat besar.

Berdasarkan informasi dari berbagai media mengatakan bahwa konsumsi listrik di negara kita adalah yang paling kecil bila dibanding negara lain. Itu artinya pemakaian listrik lebih banyak digunakan oleh rumah tangga bukan oleh industri. Sedangkan di negara lain seperti Malaysia penggunaan energi listrik mencapai sepuluh kali lipat lebih. Hal ini karena pengguna terbanyak adalah dunia bisnis dan industri.

PLN sebagai pengelola dan penyedia energi listrik mengakui sering merugi trilyunan rupiah tiap tahunnya. Nah, akibatnya setiap saat harga tarif listrik akan terus naik. Begitu pula pembangunan pembangkit listrik baru yang terkesan lamban, padahal kebutuhan masyarakat terus meningkat. Jelas bahwa PLN belum siap mendukung negara ini menjadi negara produsen dengan menyediakan listrik yang belum tercukupi.

Kita berharap negeri yang kaya akan energi alam yang melimpah ini jangan sampai mengalami krisis listrik besar-besaran. Kita pasti malu, punya banyak sumber air yang melimpah tapi tidak bisa membangun PLTA, dan tentunya sumber energi alam lainnya yang sebenarnya sangat mencukupi bila segera diolah dengan benar. Seandainya saja uang yang dikorupsi oknum pejabat dikembalikan ke kas negara, saya yakin kita mampu membangun infrastruktur energi dengan lebih baik.



{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Indri Lidiawati mengatakan...

wah kalau sampai terancam krisis listrik bahaya ya mas, gak bisa lembur update sampai malam krn terkena giliran pemadaman hehehe :D

Makhluk Surga mengatakan...

Betul mba Indri...blogger juga butuh listrik. Siap-siap aja beli banyak power bank...hehehe cape dech!

Kotak_Pesan_Dunia