Translate Article

Apakah Tol Cikapali Dapat Mengurangi Kemacetan?

Bookmark and Share
Tol Cikapali, Foto: bisnis.liputan6.com
(Tol Cikapali, Foto: bisnis.liputan6.com)

Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) sepanjang 116 km telah selesai dibangun. Pembangunan jalan tol Cikapali ini merupakan salah satu solusi yang diambil pemerintah untuk mengurangi kemacetan yang sangat parah yang terjadi di jalanan di sepanjang jalur Pantura dan sekitarnya. Kemacetan yang terjadi saat musim mudik lebaran setiap tahunnya ini jelas sangat merugikan negara dan masyarakat. Bahan bakar minyak (BBM) yang digunakan saat lalu lintas tengah mengalami kemacetan adalah salah satu bentuk pemborosan keuangan negara karena BBM yang diproduksi dengan susah payah dihambur-hamburkan secara sengaja karena "kebodohan" manusia itu sendiri.

Namun, yang sangat disayangkan adalah bahwa pembangunan infrastruktur jalan untuk mengatasi kemacetan ini tidak dilaksanakan secara serentak di semua titik atau wilayah yang sering mengalami penumpukkan jumlah kendaraan bermotor. Yah, memang harus kita akui bahwa kondisi keuangan negara yang sebenarnya cukup untuk digunakan membangun infrastruktur menjadi kurang akibat pengelolaan dan akibat korupsi yang dilakukan oknum tertentun.

Bagaimana dengan jalur Brebes-Purwokerto yang merupakan jalur yang sangat parah kemacetannya? Jalur ini merupakan jalur mudik padat yang lokasinya berada di daerah perbukitan dan pegunungan. Tahun 2014 yang lalu banyak pemilik kebun dan ladang di daerah Brebes yang protes karena kebun atau ladangnya rusak akibat jalan setapak yang digunakan untuk jalur pejalan kaki dilewati puluhan ribu kendaraan bermotor. Memperbaiki area kebun dan ladang yang rusak jelas bukan perkara yang mudah.

Menurut para sopir Bus antar kota-antar provinsi yang pernah saya temui di terminal Bus Pulogadung, banyak bus-bus yang tetap menggunakan jalur umum dan tidak mau menggunakan jalan tol Cikapali karena alasan teknis yakni bahwa jalur Tol Cikapali ini tidak melewati agen-agen bus dan rumah makan yang dijadikan tempat pengecekan penumpang oleh beberapa perusahaan bus. Dan untuk merubah lokasi pengecekan pada pos-pos yang sudah ada jelas belum dapat dilakukan. Alhasil, jalur tol Cikapali ini hanya akan dilalui oleh mayoritas kendaraan pribadi. Itu artinya pada jalur pantura seperti di simpang Yongmin dan yang lainnya akan tetap terjadi kemacetan.


{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Hanung Bayu Adji mengatakan...

Bisa aja gan menurut saya :D hehe salam bloggersakti dotkom

Kotak_Pesan_Dunia