Header Ads

test
  • Home
  • Berita
  • Bisnis
  • Belanja
  • Gadget
  • Game
  • Investasi
  • Sekolah
  • Komputer
  • Puisi
  • Privacy Policy
  • Wisata
  • RAM Standar Untuk Ponsel Android

    Dewasa ini pengguna ponsel di seluruh nusantara sudah sangat familiar dengan ponsel sistem Android yang dikeluarkan oleh Google. Gadget Android diakui memang sangat menguntungkan karena tersedia update software yang berkesinambungan dan sekaligus bisa menjalankan aplikasi sosial media seperti BBM. Lain halnya jika anda menggunakan ponsel BlackBerry yang tidak mendukung aplikasi Google Play Store, maka bisa dipastikan kita akan gigit jari ketika banyak teman kita yang ramai-ramai menginstal aplikasi baru. Hehehe kesian deh lu...

    Aplikasi berbasis Android tentu saja membutuhkan memori dan prosesor yang memadai agar dapat berjalan mulus. Hal ini karena semakin banyak aplikasi yang mengandalkan kualitas grafik yang tinggi, dimana update aplikasi itu juga membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar. Dengan memori yang cukup maka aktivitas kita dalam menggunakan ponsel atau smartphone Android akan berjalan lancar dan kita tidak perlu kesal akibat lemotnya ponsel yang kita gunakan.

    Memori yang saya maksud disini adalah RAM yang semakin lama semakin ditingkatkan kapasitasnya. Berbeda dengan gadget zaman dahulu sekitar tahun 2004, ketika saya masih bisa merasa enjoy bermain game dengan menggunakan RAM 128 MB pada komputer dekstop yang saya gunakan. Kini, RAM ukuran segitu kurang cukup untuk gadget yang lahir di era Android ini.

    Lalu, berapakah RAM yang standar untuk ponsel Android kita? Jawabannya adalah tergantung pada berapa macam aplikasi yang akan kita gunakan. Jika kita hanya menggunakan ponsel Android untuk menjalankan aplikasi SMS, BBM, ditambah browsing tanpa menggunakan aplikasi sosial media lainnya, maka RAM 512 MB sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan gadget kita agar dapat bekerja optimal. Namun, jika kita akan menggunakan aplikasi sosial media seperti Facebook, Google Plus, Youtube, dan lain-lain maka RAM 1 GB adalah pilihan yang masuk akal untuk kita gunakan.

    Untuk mengetahui apakah RAM yang ada di ponsel atau smartphone kita mencukupi kebutuhan aplikasi, kita dapat menggunakan software Clean master yang bisa kita download dari Google Play Store. Berikut ini adalah screenshoot tampilan awal software Clean Master yang menampilkan banyaknya memori (RAM) yang terpakai serta sisa ruang penyimpanan pada ponsel kita:


    (User Interface Aplikasi Clean Master)

    Jika dalam posisi idle (artinya ponsel kita diamkan dan sedang tidak membuka tampilan aplikasi) saja jumlah RAM yang tercapai melebihi 70%, bisa dipastikan ponsel kita tergolong lola alias lambat dalam menjalankan berbagai aplikasi mengingat akhir-akhir ini aplikasi yang ada pada ponsel Android menganut paham multitasking alias suka berjalan rame-rame. 

    Dan menurut sebuah forum bernama ANDROIDPIT saya mendapatkan informasi bahwa RAM 1 GB adalah RAM standar untuk ponsel Android zaman sekarang. Selain ponsel tidak lola, aktivitas browsing akan berjalan dengan lembut dan nyaman. Nah...sekarang keputusan ada ditangan kita, apakah akan tetap menggunakan ponsel dengan RAM dibawah 1 GB atau hijrah ke ponsel dengan RAM minimal 1 GB??? Hehehehe....jawabannya tunggu gajian bulan depan naik atau tidak.

    Tidak ada komentar