Ujian Nasional 2015 SMP Hari Kedua

Admin Mei 05, 2015
Matematika adalah mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional 2015 tingkat SMP/MTs hari kedua. Persiapan yang baik harus dilakukan panitia ujian nasional di sekolah. Panitia ujian mengambil naskah soal ujian nasional 2015 sebelum jam 06.30 pagi. Ini menjadi tugas yang cukup penting dan memerlukan kesiapan fisik yang prima karena panitia ujian selalu berangkat lebih pagi. Kemudian yang paling mendebarkan adalah ketika tiba waktunya untuk menyetorkan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang hanya diberi waktu sekitar dua jam setelah selesai ujian.

Seperti yang sedang dilaksanakan di sekolah kami yakni SMP Gunung Jati Jakarta Utara, kami setiap hari mesti mengambil naskah soal ujian nasional pada pagi hari dan mengembalikan LJUN pada siang harinya. Perjalanan dari Sungai Bambu menuju SMPN 34 Pademangan memakan waktu sekitar 1 jam pulang-pegi. Namun, saat pengembalian Lembar Jawaban Ujian Nasional kami kadang sering terjebak kemacetan yang terjadi di daerah Sunter Mall yang merupakan kawasan niaga yang sangat ramai dan sibuk.

(Menyiapkan Naskah Soal Ujian Nasional Di Sekolah)

Soal mata pelajaran Matematika jumlahnya lebih sedikit dibanding dengan mata pelajaran lainnya yang hanya diujikan sebanyak 40 soal. Meskipun demikian, mata pelajaran ini adalah yang paling sulit dikerjakan. Maka tak heran bila nilai mata pelajaran Matematika pada Ujian Nasional tiap tahun selalu yang terendah. Karena itu mata pelajaran ini mesti dipelajari secara maksimal dengan mengikuti Uji Coba Ujian Nasional yang diadakan di sekolah.

(Siswa Tampak Serius Mengerjakan Soal Matematika)

Selain memastikan logistik soal Ujian Nasional tersedia dengan baik, panitia UN di setiap sekolah juga diwajibkan untuk memasukkan data kehadiran peserta ujian nasional sebelum pukul 08.30 melalui website milik Dinas Pendidikan, karena rekapitulasi data peserta ujian nasional ini akan dilaporkan ke beberapa pejabat yang berkepentingan seperti Menteri, Gubernur, sebagai bahan evaluasi tingkat keberhasilan Ujian Nasional 2015.
 
 (Input Data Kehadiran Peserta Ujian Nasional 2015 SMP)
 
Previous
Next Post »

Komentar Pengunjung