Translate Article

Dilarang Belajar Sehari Sebelum Ujian Nasional 2015

Bookmark and Share

Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015 untuk tingkat SMA/SMK akan dilaksanakan pada tanggal 13 April 2015 sampai dengan 16 April 2015. Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs akan dilaksanakan pada tanggal 04 Mei 2015 sampai dengan 07 Mei 2015.

Ujian Nasional 2015 rencananya akan menggunakan 3 paket soal. Untuk tingkat SMK ada 4 mata pelajaran yang akan diuji, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Mata Uji Produktif sesuai jurusan.

Berbagai persiapan menghadapi UN 2015 tentu sudah dilakukan para pelajar, baik melalui kegiatan pendalaman materi pelajaran UN maupun berlatih dengan soal-soal try out atau Uji Coba Ujian Nasional (UCUN) yang biasanya diadakan 4 sampai 5 kali sebelum Ujian Nasional.

Seorang Pakar Psikologi Pendidikan, Supriyadi, S.Pd. menganjurkan kepada siswa yang akan mengikuti UN 2015 untuk menyiapkan diri sebaik mungkin. "Jangan belajar satu hari sebelum UN, gunakan waktu sehari untuk merilekskan otak", ujarnya saat ditemui ditempat kerjanya di salah satu sekolah swasta di Jakarta Utara.

Menurut Supriyadi, sehari sebelum ujian, anak mengalami tekanan emosi yang cukup tinggi. Ada perasaan takut, grogi, dan belajar dalam keadaan emosi yang tidak stabil seperti itu akan menurunkan kualitas ingatan otak siswa. Gunakan satu hari sebelum Ujian Nasional 2015 untuk refreshing dengan olah raga ringan, makan enak bersama teman, dan aktivitas lain yang bisa membuat rileks.



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Kotak_Pesan_Dunia