Anggaran Bulan Juni Bakal Membengkak

Admin April 26, 2015
(Anggaran Keuangan Keluarga Bulan Juni)

Bulan Juni bagi sebagian keluarga yang anak-anaknya masih sekolah atau masih kuliah adalah bulan yang cukup membuat kepala nyut-nyutan. Selain harus memenuhi kebutuhan bulanan seperti sembako, tagihan listrik, tagihan air, atau biaya kontrakan, ada berbagai biaya yang juga mesti dikeluarkan. Bulan Juni  2015 nanti merupakan waktu pendaftaran siswa baru yang berbarengan dengan awal bulan puasa. Bagi keluarga yang kebetulan akan mendaftarkan sang buah hati untuk sekolah terutama sekolah swasta, tentu mau tak mau akan menyiapkan biaya yang tak sedikit jumlahnya. Belum lagi jika sang buah hati tersebut memiliki adik atau kakak yang sama-sama masih sekolah. Inilah yang menyebabkan anggaran bulan juni bakal membengkak.

Nah, memasuki bulan puasa, anggaran untuk belanja sembako juga bakal meningkat. Biasanya dalam menyambut awal Ramadhan, keluarga akan menyiapkan menu-menu spesial yang rasanya mantap dan harganya juga mantap. Jadi, di Bulan Juni nanti bagi Anda yang memiliki putra-putri yang masih sekolah / kuliah, Anda mesti menyiapkan anggaran bulan juni dengan cermat dan bijak. Hindari dan kurangi pengeluaran yang kurang mendesak, fokuslah terlebih dahulu pada biaya sekolah anak dan biaya belanja sembako. Jangan sampai kita terjebak hutang yang menumpuk hanya karena ingin membeli barang-barang yang sifatnya memenuhi hasrat dan gaya hidup glamour.

Pengaturan keuangan keluarga yang dilakukan dengan baik, akan menghindari keluarga dari kondisi dead lock dimana keluarga kehabisan uang untuk mencukupi kebutuhan bulanan. Memang harus kita akui bahwa di Indonesia dengan gaji yang dibawah UMR, banyak karyawan atau buruh yang kerepotan dalam mengatur anggaran bulanan keluarga. Kita tentu prihatin, di tengah situasi ekonomi yang buruk seperti sekarang ini, pemerintah dan DPR malah sibuk mengurusi fasilitas-fasilitas mereka sendiri dan lupa bahwa mereka itu dipilih oleh rakyat agar dapat berbuat yang terbaik untuk rakyat. Disitulah kadang saya merasa kecewa. Namun, demikian bagaimanapun juga kita harus siap-siap karena anggaran bulan juni bakal membengkak.
Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Harus pintar-pintar hemat ya mas..

Balas

Komentar Pengunjung