Mobile Night Market On North Jakarta

Admin April 11, 2015
(Pasar Malem di Jakarta Utara)

Apa yang akan Anda lakukan ketika tiba waktu libur akhir pekan? Banyak aktivitas menarik yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu libur akhir pekan. Sabtu malam adalah waktu yang tepat untuk sejenak bersantai dengan teman atau anggota keluarga. Ada yang memilih pergi ke kedai makanan favorit, ada yang nonton film dengan sang kekasih, ada yang mengunjungi rumah sahabat, dan berbagai aktivitas menghibur lainnya untuk melepas penat setelah berjibaku dengan rutinitas sehari-hari.

Satu hal yang menarik lagi untuk dilakukan pada libur akhir pekan adalah berbelanja di pasar malem. Yah...pasar malem adalah pusat penjualan barang-barang kebutuhan rumah tangga yang sangat tersohor di negeri kita. Saya lebih senang menyebut pasar malem ini dengan julukan Mobile Night market. Mobile Night Market atau pasar malem ini adalah model bisnis lama yang masih eksis bertahan ditengah gempuran pasar modern dan berbagai pusat perbelanjaan seperti supermarket serta mall. Pasar malem ada yang diadakan pada tempat yang tetap ada yang diadakan dengan cara berpindah-pindah tempat untuk berdagang.

Di daerah Jakarta Utara, tepatnya di Jalan Teluk Semangka Sukapura, ada sekelompok pedagang yang menggelar barang dagangannya setiap akhir pekan sejak pukul 17.00 sore sampai pukul 21.30 malam, bisa seminggu sekali dan kadang juga dilakukan satu bulan sekali. Mereka merupakan tipe pedagang yang selalu berpindah-pindah tempat dalam berjualan. Dengan berdagang model seperti ini menurut pendapat mereka lebih menguntungkan dalam bisnis, karena tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menyewa tempat. Biasanya para pelaku bisnis pasar malem ini hanya diwajibkan untuk menyetorkan uang keamanan dan kebersihan yang nilai nominalnya relatif terjangkau.

Animo masyarakat terlihat cukup tinggi karena harga barang yang di jual di Mobile Night Market ini terbilang sangat kompetitif. Selain itu kehadiran para pedagang yang mulai sering berjualan setelah Jalan Teluk Semangka Sukapura ini dicor beton, cukup menguntungkan bagi pemilik warung dan toko yang ada di sepanjang jalan ini. Jadi, Mobile Night Market On North Jakarta ini telah berhasil menerapkan bisnis model Win-Win Style yang sebelumnya pernah saya tulis pada artikel Bisnis Bengkel Motor Win-Win Style. Model bisnis ini memberi keuntungan kepada dua belah pihak, yakni masyarakat dan pedagang pasar malem itu sendiri. Usaha yang patut kita acungi jempol karena menumbuhkan semangat wirasusaha dan ide bisnis bagi warga sekitar.
Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

Di tempat saya juga kadang ada gelaran pasar malem gitu, lumayan ramai juga sih, keliat karena antusias warga buat shpping

Balas
avatar

Hehehe...betul sobat, pasar malem memang top markotop.

Balas

Komentar Pengunjung