Suasana Belajar Microsoft Excel Siswa SMK

Admin April 21, 2015
(Belajar Microsoft Excel Siswa SMK)

Beginilah suasana belajar Microsoft Excel di laboratorium komputer SMK Gunung Jati Jakarta. Hari ini para siswa belajar tentang penggunaan Fungsi If dalam Excel yang sering digunakan dalam berbagai aktivitas bisnis maupun yang berkaitan dengan tugas-tugas rutin perkantoran. Mempelajari fungsi dalam Excel sedikit membingungkan siswa karena jika pemahaman siswa belum matang, mereka akan kesulitan saat aplikasi Excel menampilkan kotak dialog Error. Disinilah pentingnya memahami dibandingkan menghapal. Dengan memahami maksud dari fungsi dalam Excel tersebut, anak akan dapat mempraktekkan fungsi tersebut untuk contoh penerapan yang berbeda.

Selain mempelajari aplikasi pengolah angka seperti Microsoft Excel ini, siswa setingkat SMK juga harus mahir menggunakan aplikasi perkantoran lainnya. Micosoft Word, Microsoft PowerPoint, dan Microsoft Acces adalah beberapa aplikasi perkantoran lainnya yang wajib dipelajari dan dikuasai siswa. Ditambah lagi dengan ketrampilan menggunakan aplikasi multimedia yang juga mengajarkan pengolahan grafis, audio, dan video, diharapkan lulusan SMK ini siap untuk berkiprah di dunia kerja atau memulai usaha sendiri dengan bekal keterampilan yang mumpuni.

Kendala yang sering dihadapi saat mengajarkan aplikasi komputer kepada siswa adalah pemahaman yang kurang terhadap perintah-perintah yang sebagian besar menggunakan Bahasa Inggris, siswa malas untuk mencoba, dan berbagai kendala lainnya. Meski bukan hal yang menyusahkan, mengajarkan anak-anak masa sekarang membutuhkan kesabaran yang cukup tingggi. Mereka ini familiar dengan aplikasi sosial media seperti BBM, Facebook, Twitter, Google+, namun terlihat gaptek ketika menggunakan aplikasi seperti Microsoft Excel. Padahal sepanjang pengalaman saya, komputer itu bisa dipelajari secara otodidak. Saya dulu waktu pertama kali belajar komputer juga dengan cara otodidak. Awalnya saya melihat teman yang sedang menggunakan komputer, kemudian mencobanya sendiri sampai benar-benar paham dan menguasai. Sangat disayangkan, di jaman keterbukaan informasi sekarang ini masih banyak anak muda yang belum menguasai komputer.
Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Anak sekolah zaman sekarang...fasilitas sekolahnya lengkap gak kayak dulu....

Balas

Komentar Pengunjung