Ujian Nasional 2015 SMK Hari Ketiga

Admin April 15, 2015
Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional 2015 tingkat SMA/SMK di hari ketiga baik untuk sekolah menengah atas/kejuruan negeri maupun swasta. Pengerjaan soal mata pelajaran Bahasa Inggris secara teknis berbeda dengan mata pelajaran lainnya, yakni dengan ditambahkannya soal Listening untuk menguji kepekaan peserta didik dalam memahami percakapan atau dialog dalam Bahasa Inggris.

Soal Listening yang berjumlah 15 soal atau lebih kurang 30 persen dari jumlah soal secara keseluruhan ini dilaksanakan tepat pukul 08.00 WIB. Peserta didik dapat mendengarkan soal-soal Listening sebanyak 3 kali repeatation untuk menghasilkan pemahaman terhadap materi soal yang lebih baik.

Kualitas peralatan sound system yang terdapat di sekolah-sekolah yang dijadikan tempat penyelenggaraan Ujian Nasional, menjadi hal utama yang mesti diperhatikan. Sekolah harus menyediakan seperangkat peralatan sound system seperti amplifier dan salon yang dapat berfungsi secara maksimal agar tidak mengganggu pelaksanaan Ujian Nasional 2015 tingkat SMA/SMK di hari ketiga ini.

Berkaitan dengan kemampuan peserta didik, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya menjadikan peserta didik zaman sekarang memiliki kemampuan dan keterampilan mengerjakan soal-soal Bahasa Inggris yang diujikan pada Ujian Nasional 2015 ini dengan lebih baik, dibandingkan generasi peserta didik pada masa lalu yang belum mengenal media pembelajaran online seperti yang tersedia di situs Youtube.

Di situs penayang konten video seperti Youtube banyak sekali disediakan video percakapan-percakapan dalam Bahasa Inggris maupun bahasa negara lainnya. Dari mulai belajar percakapan sehari-hari untuk menguatkan kemampuan pronounciation, sampai mempelajari tenses (bentuk waktu) yang selalu menjadi kendala dalam belajar Bahasa Inggris Jadi, kita patut prihatin dengan penurunan kualitas anak dalam mengerjakan soal UN Bahasa Inggris di masa sekarang ini, sementara media pembelajaran tersedia melimpah dan mudah diakses.
(UN SMA/SMK Hari Ketiga)
Previous
Next Post »
3 Komentar
avatar

UN bahasa Inggris sekarang ada materi Listening Skill ya. Bagus sih, tapi bisa menyulitkan kalau suaranya kurang jelas terdengar.
www.1sthappyfamily.com

Balas
avatar

Aamiin. Makasih Mas Wahab Saputra.
Iya Mba Lina sound systemnya harus baik agar terdengar jernih. Thanks all sudah berkomentar di blog saya, salam sukses selalu :)

Balas

Komentar Pengunjung