Translate Article

PNS Normalisasi Kali

Bookmark and Share

Salam Sukses Selalu...
Sungai merupakan salah satu infrastruktur alam yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Sungai menjadi jalur VIP bagi air dari sumbernya di pegunungan sampai ke lautan luas.

Namun, kini keberadaan sungai kurang dipedulikan oleh masyarakat terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Akibat tidak tersedianya dan minimnya sarana pembuangan sampah masyarakat kita cenderung mengambil jalan pintas dengan memfungsikan sungai atau kali sebagai Tempat Pembuangan Sampah massal. Dus ketika musim hujan tiba, petaka besar menyambangi kehidupan mereka. Banjir datang lagi dan tidak kunjung surut dalam waktu yang lama sehingga aktivitas menjadi lumpuh dan beresiko membahayakan keselamatan jiwa.

Normalisasi sungai atau kali menjadi prioritas utama yang harus digalakkan. Jika saya boleh usul, pemerintah khususnya di kota besar seperti DKI Jakarta bisa mengangkat ribuan Pegawai khusus untuk normalisasi kali. Tentu saja mereka harus diberi honor yang layak dan sesuai standar. Tugas mereka adalah melaksanakan normalisasi sungai-sungai sesuai wilayah kerja masing-masing. Karena menurut saya petugas dinas kebersihan yang ada saat ini belum mampu menangani kebersihan sungai yang ada.

Saya yakin jika air diberikan ruang gerak yang cukup, maka ketika jumlahnya atau debitnya bertambah besar tidak akan menimbulkan musibah banjir bagi manusia. "Bersahabat Dengan Alam" adalah filosofi hidup yang harus kita laksanakan dengan kesungguhan hati.



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Kotak_Pesan_Dunia