Empat Sehat Lima Sempurna Enam Ngutang Dulu

Admin Juni 07, 2014

Empat Sehat Lima Sempurna Enam Ngutang Dulu. Hahahaha...ini bukanlah cerita mengenai makanan bergizi tinggi yang harus kita santap agar tubuh tetap bugar dan fit. Yah...ini adalah sebuah perumpaan tentang prinsip hidup kebanyakan orang yang terjebak pada keruwetan ekonomi.

Hutang atau ngutang merupakan transaksi manusia yang sudah berlansung selama berabad-abad. Sampai sekarang metode seperti ini masih digunakan untuk menyambung kehidupan agar dapur tetap ngebul atau agar tetap eksis dengan julukan orang tajir.

Seseorang yang memiliki kebiasaan ngutang dan tidak diperhitungkan dengan matang akan mengakibatkan dampak yang cukup membahayakan atau orang bilang sudah terjebak dalam lingkaran setan. Gali lubang tutup lubang, pinjam uang bayar hutang begitu kata Bang Haji Roma Irama.
Jika bukan karena terpaksa, jangan biasakan diri Anda ngutang atau pinjem duit apalagi tempat yang kita tuju bukan tempat yang dianjurkan, misalnya Anda datang kepada rentenir. Lain halnya jika Anda berhutang untuk menghidupkan usaha alias bisnis yang sudah diestimasi keuangannya dengan cermat. Prinsipnya adalah hati-hati dan hitunglah dengan cermat. Jika gaji bulanan Anda hanya pas-pasan untuk ngeliwet beras, maka jangan tergiur untuk ngutang dalam jumlah yang cicilannya diluar kendali Anda.

Mudah-mudahan saudara kita yang lagi dirundung hutang bisa segera melunasi. Trus kita juga selalu diberi rizki yang berkah dan melimpah. Amin.
Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

saya setuju dengan artikel anda. Menurut saya, hutang juga merupakan suatu capital atau modal. tetapi jangan sampai terjebak oleh hutang. Bijaklah dalam menggunakan hutang sebagai perencanaan suatu usaha.

Balas

Komentar Pengunjung

Arsip Blog Dunia impian